PCNU Kota Blitar Berikan Ijazah Tangkal Musibah pada Masyarakat

Blitar – Beberapa puluh warga Indonesia positif virus Corona dan puluhan pasien suspect Corona di meninggal. Masyarakat diminta tetap menjaga kebersihan dan berdoa. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Blitar bahkan memberikan ijazah pada masyarakat agar terhindar dari musibah bertempat di Kantor PCNU Kota Blitar. Ahad (15/3/2020)
Sesaat sebelum pelaksanaan Ijazah dimulai, Rais Syuriyah PCNU Kota Blitar, KH Abdul Karim Muhaimin sempat ngaji kitab Kitab Nashaih al-Ibad. Sebuah kitab kuning karya syeh ibnu hajar al-asqolani, berisi rangkuman peringatan dan nasihat dalam rangka mempersiapkan bekal sebelum ajal menjemput. Hingga motivasi berbuat kebajikan dan peringatan dari keburukan dalam perbaikan ahlaq manusia.
Gus Karim menjelaskan, ijazah merupakan sesuatu amalan yang diberikan mulai dari Nabi Muhammad kepada sahabat, sahabat kepada tabi’in, tabi’in kepada tabi’it tabi’in sampai kepada para ulama, kiai dan para guru kita semua. Ijazah juga merupakan suatu bentuk perizinan dari para kiai kepada para santri untuk mengamalkan satu amalan yang bermanfaat yang berkenaan dengan masalah-masalah duniawi atau masalah-masalah ukhrowiyah.
Maka dari itu bersamaan kegiatan Ngaji Bareng PCNU Kota Blitar, Gus Karim menyempatkan memberikan ijazah agar terhindar dari musibah. Terutama musibah akhir-akhir ini. Virus Corona.

Pengasuh Pesantren Tarbiyatul Falah Putri, Sukorejo Kota Blitar ini mengungkapkan bahwa dalam mengamalkan ijazah yang berisi sholawat, wirid hingga doa-doa dari para kiai ini akan memberikan atsar, manfaat, dan barokah yang luar biasa manakala dilaksanakan sesuai dengan petunjuk.
Menurutnya, ijazah merupakan ciri khas nahdliyin dan santri untuk menjaga diri, keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia dari segala hal yang ingin merusak dan menghancurkannya.
“Maka dengan ijazah ini nanti, semoga kita semuanya agar terhindar dari musibah,” terangnya.
Hadir ketua Tanfidziah , Dr. Habib Bawafi, M.Hi beserta jajarannya. Acara ini termasuk dalam salah satu rangkaian acara Harlah NU ke-97 yang digelar PCNU Kota Blitar.

 

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.