Pentingnya Branding Bagi LazisNU

Branding pada dasarnya adalah sebuah usaha yang masuk dalam strategi filantropi. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa brand adalah nama, logo, simbol dan hal lainnya yang bisa mengidentifikasikan sebuah usaha sosial. Branding tidak hanya penting untuk bisnis konvensional, tetapi juga NU Care lazisNU, yang notabene merupakan lembaga pengelola zakat, infaq dan shadaqah yang telah dipercaya masyarakat. Tujuannya untuk lebih cepat mengenalkan LazisNU, baik untuk layanan infaq, zakat dan shodaqoh.
Dalam Madrasah Desain Filantropi (MDF) yang digelar NU Care LazisNU di Kampung Coklat Blitar, Rabu (25/12). Peserta di ajari mencintai nilai kemanusiaan, sehingga lebih mau menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain.
Mencari pengguna potensial, memberikan produk berkualitas, dan mencoba memahami kondisi pasar adalah beberapa hal penting yang jangan terlewatkan. Salah satu tindakan pelengkap untuk mendongkrak masalah tujuan amal perlu strategi marketing, mulai dari memanfaatkan media sosial untuk promosi hingga membangun branding dari sejak awal. Seperti memilih nama domain, logo, warna dan identitas lainnya yang bisa “nempel” di pikiran masyarakat.
Logo dan website mungkin jadi sesuatu yang fundamental dalam usaha membangun brand, tetapi lebih dari itu mempresiapkan kapan, bagaimana, hingga ke siapa lembaga memasarkan produk adalah bagian tak tergantikan dari strategi membangun brand. Semuanya harus diperhitungkan dan disusun sejak awal untuk mengirimkan pesan ke orang yang tepat di waktu yang tepat. Semua itu kemudian dilengkapi sesuatu yang terlihat mudah tapi butuh perjuangan, yakni konsistensi.
Kunci dari branding NU Care LazisNU dan segala strategi yang dirancang adalah konsistensi. Mulai dari konsistem mengkomunikasikan nilai-nilai hingga konsisten menggunakan warna, pola dan tagline.

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.