Hukum Menggunakan Wifi Tanpa Izin

Kang bejo ketika menggunakan HP androidnya iseng-iseng mencari sinyal WIFI di sekitar rumahnya, ketemulaah sinyal WIFI yang cukup kuat dari salah satu tetangganya, kemudian kang bejo mencoba menyambung sinyal WIFI tadi dengan kata sandi yang di acak olehnya, beruntungnya kang bejo karena dengan kata sandi yang di acak tadi, HP androidnya bisa tersambung dengan WIFI tetangganya.
Pertanyaan: Bagaimana hukum kang bejo menggunakan WIFI tetangganya sesuai deskripsi di atas?
Jawaban : Hukumnya haram
Referensi kitab :

الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي (6/ 4786)

تحريم الغصب: ثبت تحريم الغصب في القرآن والسنة والإجماع (1). أما القرآن: فقول الله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا لا تأكلوا أموالكم بينكم بالباطل، إلا أن تكون تجارة عن تراض منكم} [النساء:29/ 4]

Keharaman Ghasab sudah ditetapkan di dalam al-quran, hadits dan kesepakatan para ulama’

الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي (6/ 4790)

وَعَرَّفَ الشَّافِعِيَّةُ وَاْلحَنَابِلَةُ الْغَصْبَ بِأَنَّهُ : الْاِسْتِيْلَاءُ عَلَى حَقِّ الْغَيْرِ (مِنْ مَالٍ أَوْ اِخْتِصَاصٍ) عُدْوَانًا، أَيْ عَلَى وَجْهِ التَّعَدِّيْ أَوْ الْقَهْرِ بِغَيْرِ حَقٍّ .

وَهٰذَا التَّعْرِيْفِ يَشْمُلُ أَخْذَ الْأَمْوَالِ الْمُتَقَوَّمَةِ وَالْمَنَافِعِ وَسَائِرِ الْاِخْتِصَاصَاتِ كَحَقِّ التَّحَجُّرِ (أَيْ إِحْيَاءِ الْأَرْضِ الْمَوَاتِ بِوَضْعِ الْأَحْجَارِ عَلَى حُدُوْدِهَا)، وَالْأَمْوَالِ غَيْرِ الْمُتَقَوَّمَةِ كَخَمْرِ الذِّمِّيِّ، وَمَا لَيْسَ بِمَالٍ، كَالْكَلْبِ وَالسِّرْجِيْنِ وَجِلْدِ الْمَيْتَةِ .

Kalangan madzhab syafi’i dan Hambali mendefinisikan Ghasab adalah : penguasaan atas hak orang lain baik berupa harta atau ikhtishos secara aniaya atau dengan cara pemaksaan.
Definisi ini mencakup pengambilan harta harta-harta berharga, kemanfaatan dan ikhtishoh yang lain, juga mencakup terhadap harta yang tidak berharga seperti khomr milik kafir dzimmi, juga mencakup hal yang bukan harta.
Pertanyaan : Ketika tidak boleh, bagaimana pertanggung jawaban kang bejo terhadap tetangganya?
Jawaban : Meminta kerelaan pemilik wifi (istihlal) jika tidak berkenan maka mengganti rugi
Referensi kitab :

بغية المسترشدين  ص : 148

 (مسألة): غَصَبَ مَالاً مِنْ دَارِ مَالِكِهِ وَبَاعَهُ عَلَى جَمَاعَةٍ مُعَيَّنِيْنَ، وَجَبَ عَلَى كُلِّ مَنْ وَقَعَتْ يَدُهُ عَلَى شَيْءٍْ مِنْ ذَلِكَ ضَمَانُهُ وَرَدُّهُ إِلَى مَالِكِهِ إِنْ بَقِيَ وَبَدَلُهْ إِنْ تَلِفَ،

بغية المسترشدين     ص : 282

 (مَسْأَلَةٌ: ك): لِلتَّوْبَةِ ثَلَاثَةُ شُرُوْطٍ: النَّدَمُ عَلَى الْفِعْلِ، وَالْإِقْلَاعُ فِيْ اْلحَالِ، وَالْعَزْمُ عَلَى عَدَمِ الْعَوْدِ، وَيَزِيْدُ حَقُّ الْعِبَادِ بِرَدِّ الْمَظَالِمِ إِلَيْهِمْ، فَيَلْزَمُهُ تَمْكِيْنُ الْمُسْتَحِقُّ مِنَ الْعُقُوْبَةِ أَوْ اِسْتِحْلَالُهُ

 

Oleh : LBM PCNU Kab Blitar