Haul Bung Karno Ke 50, PCNU Kota Blitar Gelar Tahlil Akbar Live Youtube

Blitar – Peringatan Haul Bung Karno di Kota Blitar berlangsung teramat sederhana. Jika biasanya berlangsung dengan meriah disertai rangkaian kegiatan akbar, kali ini pelaksanaannya dilakukan begitu sederhana. Pengurus Cabang (PCNU) Kota Blitar menggelar Tahlil Akbar live youtube online menyambut Haul Bung Karno ke 50 di kantor PCNU Kota Blitar. Sabtu, (20/06/2020)
Masyarakat Kota Blitar, termasuk warga Nahdliyin, setiap tanggal 1 Juni selalu memperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Memperingati pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno berpidato mengenai konsep dan rumusan awal “Pancasila” sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia)
Kali ini pelaksanaannya sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Dilakukan dalam bentuk yang sederhana tetapi tetap bermakna. Hal ini karena situasi pandemi Covid-19.
Tampak protokol kesehatan telah dilaksanakan saat Tahlil Akbar digelar. Sabtu, 20/6/2020.
Sebelum ada pandemi, setiap bulan Juni, Kota Blitar selalu memiliki pelbagai acara dalam rangka Bulan Bung Karno selama satu bulan penuh.
Senada dengan MataBlitar.com, ketua panitia, Mustofa Baihaqi, mengatakan peringatan Haul Bung Karno ini sangat penting demi menumbuhkan kecintaan terhadap Bung Karno.
“Bung Karno merupakan tokoh yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia. Sudah sepatutnya kita warga NU lebih mencintai dengan mengirim doa dan tahlil kepada beliau. Dulu, saat Bung Karno wafat dan dimakamkan di Blitar, yang menghormati beliau dengan menyelenggarakan doa dan tahlilan di makam beliau adalah para Kyai dan Santri NU. Tradisi mendoakan beliau harus kita lanjutkan bagi kita sebagai generasi NU.” Tuturnya.
Acara Tahlil Akbar live youtube dalam rangka Haul Bung Karno tersebut dihadiri para Kyai dan Pengurus NU dan warga sekitar dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan Covid 19.

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.