Waspada HASMI, Apa dan Siapa Kelompok Ini?

Sebuah kelompok bernama HASMI atau Harakah Sunniyyah untuk Masyarakat Islami menyangkal tudingan teroris untuk mereka yang telah tersebar luas di berbagai media massa. Dikatakan ormas Islam ini yang berkonsentrasi pada dakwah umum, sosial dan pendidikan.
Hasmi merupakan Ormas Islam resmi yang terdaftar di Kemdagri dirjen kesbangpol dengan no 01-00-00/0064/D.III.4/III/2012 yang didirikan sejak tahun 2005 yang berdomisili di jalan raya Cimanglid Gang Purnama RT 05/01 Sukamantri Tamansari Bogor dan bergerak dalam bidang dakwah umum, sosial dan pendidikan.(4)
PCNU Pamekasan, KH Abdul Ghoffar, Sabtu (27/10/2012) mengatakan,”Komunitas terorisme ini sangat berbahaya. Selain menimbulkan kerusakan dan keresahan di masyarakat, juga memantik pencorengan terhadap NU yang berhaluan sunni.”
Untuk hal itu, Kiai Ghoffar menegaskan bahwa sekalipun komunitas terorisme tersebut meneguhkan kata sunni, jelas tidak dapat dikategorikan berhaluan NU atau sunni.
“Sebab, sampai kapanpun, kekerasan atas nama apapun tidak dapat dibenarkan. Islam tidak pernah menganjurkan tindak kekerasan. NU mengecamnya,” tekannya. (1)
Dalam situs muslim.or.id, dijelaskan bahwa HASMI mengaku salafi namun realitanya tidak bermanhaj salaf . Diantara penyimpangan mereka yang berkata, “Saya salafi“, namun akhlaqnya, pergaulannya, bantahannya, menunjukkan bodohnya ia terhadap salafiyah. (2)
HASMI gencar melakukan promosi dan rekruitmen anggota organisasi mereka ke seluruh Indonesia. HASMI sendiri sangat berkembang di kawasan Bogor yang juga menjadi pusat aktivitas gerakan mereka. Akhir Oktober 2012, 11 orang dari organisasi HASMI merupakan terduga teroris yang ditangkap oleh Densus 88.(3)(5)
Menurut Noor Huda Ismail, direktur eksekutif International Institute for Peace Building, selain terlibat dalam sejumlah rencana dan aksi terorisme di tanah air, HASMI juga gencar memprovokasi konflik sektarian, Sunni-Syiah. Dalam serangkaian mobilisasi massa yang diklaim sepihak sebagai seminar atau diskusi ilmiah, HASMI yang mengatasnamakan dirinya perwakilan Sunni (yang sebenarnya menganut Saudisme bernama Wahhabi) itu mengangkat tema yang jelas-jelas memfitnah mazhab Islam Syiah dengan maksud memecah belah dan menghasut kaum Sunni agar membenci hingga memerangi saudara Muslimnya sendiri, yaitu kaum Syiah.(5).
Dari beberapa informasi kredibel yang diperoleh Islam Times, diketahui bahwa aktivitas dan kampanye takfiri HASMI selama ini, yang di kawasan Bogor dicorongkan radio mereka, Fajri FM dan Rodja FM (plus TV kabelnya), sepenuhnya didanai Muassasah (Yayasan) Jam’iyyah Ihya’ al-Turats yang berbasis Kuwait.(5)
Setelah dilarangnya HTI (Hisbut Tahrir Indonesia) dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-30.AH.01.08 Tahun 2017 tentang Pencabutan Status Badan Hukum HTI. Beredar informasi bahwa eks HTI bergabung dengan HASMI. Karena memang para aktivis eks HTI dilarang menggunakan nama, lambang, bendera, atau atribut HTI setelah HTI dibubarkan. Lalu kelompok ini merubah namanya menjadi HASMI (Himpunan Ahlusunnah  untuk Masyarakat Islami).
Redaktur: Abd Umar
Disadur dari berbagai sumber:
  1. PCNU Pamekasan Ungkap Komunitas Teroris Bernama Hasmi. http://www.nu.or.id/post/read/40488/pcnu-pamekasan-ungkap-komunitas-teroris-bernama-acirchasmiacirc
  2. Mengaku Salafi, Namun Realitanya Tidak Bermanhaj Salaf. https://muslim.or.id/25943-mengaku-salafi-namun-realitanya-tidak-bermanhaj-salaf.html
  3. Mengenal Lebih Dekat Harakah Sunniyyah untuk Masyarakat Islami (HASMI). https://www.eramuslim.com/berita/nasional/mengenal-lebih-dekat-harakah-sunniyyah-untuk-masyarakat-islami-hasmi.htm#.XOyfkMneN_m
  4. Kelompok Hasmi Sangkal Tudingan Teroris. http://www.nu.or.id/post/read/40528/kelompok-hasmi-sangkal-tudingan-teroris
  5. Ini Bukti Kalau Ormas HASMI Lumbung Kelompok Teroris Takfiri. https://www.dutaislam.com/2016/12/ini-bukti-kalau-ormas-hasmi-lumbung-kelompok-teroris-takfiri.html
  6. HTI Dibubarkan, Polri: Seluruh Anggota Dilarang Dakwah Khilafah. https://nasional.tempo.co/read/893087/hti-dibubarkan-polri-seluruh-anggota-dilarang-dakwah-khilafah/full&view=ok