UNU Blitar Tingkatkan Mutu Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0

Blitar – Di era yang serba digital sekarang ini dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi berlomba-lomba menjadikan kampus berbasis teknologi. Sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mewujudkannya. Hal itu dilakukan sekaligus untuk mewujudkan upaya perguruan tinggi tersebut untuk menyandang status ‘world class university’.
Cyber University atau Cyber Campus ini di singgung oleh Prof. Dr. Mansyur Ramli, S.E., M.Si dalam Seminar Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 di UNU Blitar (26/6/2019).
Cyber Campus merupakan bentuk upaya untuk menjadikan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi, usaha tersebut diterapkan di semua lini, mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, pelayanan, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya, itu semua dikembangkan dengan berbasis teknologi.
Hal itu bisa dilihat pada sistem pembelajaran, seperti penggunaan power point dalam pembelajaran maupun presentasi di depan kelas, sehingga presentasi di depan kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
Mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia ini pun berharap kepada universitas-universitas untuk tanggap terhadap menghadapi era digital ini, terutama UNU Blitar.
“Sekarang ini ada perubahan tingkah laku dalam bekerja. Kalau dulu orang bekerja dikantor, sekarang kerja dapat dimanapun dan kapanpun,” katanya.
Dengan mengimplementasikan Cyber Campus ini, secara keseluruhan dunia kampus akan terlihat lebih modern dan maju, karena menerapkan sistem berbasis teknologi informasi. Namun dibalik semua itu tentu akan menghadapi kendala dalam penerapannya dan tidak semerta-merta akan berjalan dengan mulus, terkadang ada permasalahan yang muncul.
“Zaman teknologi, pendidikan menjadi semakin maju” ungkap Ketua Pembina yayasan Wakaf UMI ini.
Editor : Abd Umar