Suka Cita Ribuan Santri Ikuti Kirab HSN 2019 di Kota Blitar

Blitar – Ribuan santri terlihat bersuka cita mengikuti kirab memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019 di Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu (19/10/2019).
Mereka naik beragam mobil hias, melantunkan salawat, hingga kompak menyanyikan mars Nahdatul Ulama (NU). Tidak ketinggalan atribut-atribut khas santri, hingga poster bertuliskan semangat perjuangan, juga kebanggaan mereka menjadi santri. Rute kirab dimulai dari depan kantor Walikota Blitar melintasi jalan Merdeka – Anggrek – Mastrip – TGP dan berakhir di Utara Alon-Alon Kota Blitar.
Ribuan warga hingga anak sekolah berjajar di sepanjang jalan rute menyaksikan kirab yang digelar itu. Di sepanjang rute yang dilalui kirab, masyarakat yang ada di Kota Blitar menyambut dengan antusias. Kirab juga dimeriahkan dengan Parade Drum Band, tari-tarian dari masing-masing Pondok atau Madrasah.
Sekkota Blitar, Rudi Wijanarko mengatakan Parade Santri Cinta Damai Tahun 2019 ini digelar untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, dimana HSN ini juga untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa para alim ulama dan para santri memiliki juga memiliki sumbangsih besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa ini.
“Untuk mewujudkan Kemerdekaan Bangsa ini salah satunya peran para Kyai atau ulama dan termasuk para yang juga sangat berani melawan para penjajah. Bahkan seperti dalam peristiwa 10 November 1945, KH Hasyim Ashari sebagai tokoh ulama pada waktu itu ikut memberikan semangat kepada Bung Tomo untuk melakukan pemberontakan kepada penjajah yang ada di Surabaya,” kata Rudi Wijanarko.
Lanjut Rudi Wijanarko yang mewakili Plt. Wali Kota Blitar, Santoso, pihaknya berharap agar para santri sekarang juga ikut serta dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dimana dengan kegiatan Kirab ini juga sebagai moment untuk mengingatkan kepada generasi muda bahwa para santri dahulu juga ikut serta berjuang dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Melalui Parade Santri Cinta Damai ini semoga perjuangan para santri ini menjadi inspirasi untuk generasi muda sekarang,” jelasnya. Ditambahkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Blitar, Solekan yang juga sebagai Panitia Bersama Peringatan HSN 2019.
Ia mengatakan dalam acara Parade Santri Cinta Damai ini diikuti lebih dari 4.000 orang yang jumlahnya lebih banyak dari tahun kemarin sekitar 3.200 orang, dimana peserta berasal dari Pondok Pesantren, Madin, dan Ormas Islam se-Kota Blitar.
Hadir pula ratusan alumni Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) dan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) SMK Islam 1 Blitar. Penulis yang juga merupakan salah satu alumni PKPNU dan peserta kirab santri, kegiatan ini digelar untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa kaum alim ulama dan para santri memiliki sumbangsih besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan.
Alumni PKPNU dan MKNU SMK Islam 1 Blitar, tampak kompak dan semangat mengikuti rangkaian acara kitab santri HSN 2019
Penulis berharap agar para santri sekarang juga ikut serta dalam menjaga Kesatuan Republik Indonesia. Kirab ini juga sebagai moment untuk mengingatkan kepada generasi muda bahwa para santri dahulu juga ikut serta berjuang dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga perjuangan para santri ini jadi inspirasi untuk generasi muda sekarang.
Rangkaian HSN 2019 di Kota Blitar sendiri diawali dengan kegiatan Madrasah Amil LazisNU diikuti lebih dari 100 peserta, Ahad Sabtu (13/10/2019). Kemudian kegiatan Ziarah Muassis, Jum’at (18/10/2019). Lalu Upacara Hari Santri, Selasa (22/10/2019). Puncaknya, malam Cinta Rasul bersama Habib Ja’far di Halaman Kantor PCNU Kota Blitar, Selasa (22/10/2019).