Ribuan Warga Kota Blitar Ikut Kirab Ukhuwah Songsong Ramadhan

Blitar – Ribuan warga Kota Blitar, mengikuti Kirab Ukhuwah menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, Kamis (2/5/2019). Ribuan peserta dari anak-anak, remaja hingga para orangtua campur jadi satu untuk menyambut bulan penuh berkah itu.
Melalui Ramadhan, Plt Walikota Blitar, Santoso, M.Pd mengajak masyarakat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan meninggalkan semua yang dilarang. “ Mari momen ini betul-betul kita manfaatkan untuk lebih bertaqwa kepada Allah SWT. Mari kita betul-betul beribadah kepada Allah SWT,” katanya.
Menurutnya, pentingnya menghadirkan rasa aman dan damai usai melaksanakan pemilu. “Segala persoalan politik yang baru saja kita lakukan bersama, kita lepaskan sejenak. Kita hilangkan kesenjangan diantara kita. Kita lupakan sejenak segala perbedaan. Pilihan boleh berbeda tetapi tetap menjaga persatuan dan kesatuan sebagai warga negara republik Indonesia,” ujarnya.
Sementara itu, sekretaris Fatayat NU, ibu Siti Mahmudah mengatakan, “Kirab ukhuwah semakin meriah karena lagu shalawat tak henti-hentinya dinyanyikan ibu-ibu dan anak-anak saat mengitari pemukiman warga. Antusias yang cukup besar dari warga ini, tidak tertutup kemungkinan nantinya acara Kirab Ukhuwah akan digelar setiap tahunnya,” ungkapnya.
Fatayat NU Kota Blitar terus menjaga ukhuwah islamiyah. “Tetap kita kuatkan persaudaraan dalam bulan suci ramadhan. Hilangkan perbedaan dan tetap bersatu menjaga NKRI,” tegasnya.
Dokumentasi Fatayat NU, usai Kirab Ukhuwah Songsong Ramadhan di depan kantor walikota Blitar (2/5)
Sementara itu, Lilik Ernawati, 30, salah satu warga mengatakan, awalnya ia sengaja datang hanya untuk melihat kirab Ukhuwah. Namun, karena peserta yang hadir dari semua golongan, ia pun akhirnya ikut dalam pawai tersebut. “Acaranya seru, soalnya yang ikut pawai banyak banget,” ujar warga RW 06 ini.
Menurutnya, kegiatan Kirab Ukhuwah sambut Ramadhan itu, sangat ramai. Untuk itu iapun berharap acara tersebut bisa dilakukan setiap tahun. “Kalau bisa ini diagendakan terus, karena ini kegiatan positif apalagi menyambut bulan suci Ramadhan,” tukas Lilik .
Reporter: Siti Mahmudah
Editor : Abd Umar