Meriahkan Ramadhan, Nahdliyin Plosokerep Gelar Malam Ganjil Iktikaf Dan Sahur Bersama

BLITAR KOTA-Selama Romadhon 1440 Hijriah, masjid Ussisa Littaqwa memiliki banyak kegiatan untuk mengisi bulan penuh berkah ini. Mulai pagi hingga malam, rangkaian agenda positif berlangsung untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Salah satu yang menarik perhatian jamaah adalah ngaji pasan sore hari jelang waktu berbuka.
Praktis mendekati waktu berbuka puasa, masjid yang berada di Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, selalu didatangi jamaah. Baik masyarakat sekitar maupun orang luar Kelurahan Plosokerep. Untuk pengajian sore ada tiga pemateri yang digilir dengan tema-tema tertentu. “Masing-masing pemateri 10 harian”, jelas Isman Hadi, pengurus Takmir Masjid Ussisa Littaqwa.
Seperti pada Senin (12/5), KH Abu Said menyampaikan kajian sekitar fiqih, seperti amal saleh dan perilaku manusia. Dalam Ramadhan manusia harus bias memanfaatkan waktu sehat untuk persiapan mencari bekal akhirat. Selain itu, juga ada bahasan seputar sedekah dan zakat. Tahap 10 hari kedua Ramadan, tentang TASYAWUF pemateri Kyai Imam Syahroni, giliran pemateri Kyai Nur Salim tentang TAFSIR AL-QUR’AN. Jamaahnya tak hanya berasal dari Plosokerep, tetapi ada juga dari Karangtengah, Karangsari, hingga Kepanjenkidul.
Selain itu pagi hari ada kuliah subuh yang diisi pemateri H. Moh. Yusuf, Kiai Imam Syahroni, dan Gus Anas. Untuk kuliah subuh 10 hari terakhir diadakan khusus untuk malam genap. Pasalnya, pada malam ganjil mulai jam 03.00, pada 21 Ramadan ada agenda sahur bersama. Sebelumnya diawali sholat Tahajud, sholat Tasbih berjamaah dengan imam KH. Abdur Rohim. Selanjutnya sahur bersama sambil menanti sholat subuh.
“Pada malam ganjil takmir masjid menyediakan konsumsi hingga 100 porsi. Sangat ramai orang yang iktikaf”, jelas pria 58 tahun ini.
Setiap hari untuk menjamu jamaah serta musyafir yang berbuka puasa, masjid menyediakan takjil berupa nasi kotak dan snack yang berasal dari masyarakat sekitar. Selain itu ada juga tambahan dari beberapa donatur yang jumlahnya bisa dipastikan. Nanti diakhir Ramadlan, H-3 takmir masjid jemput bola keliling tiap rumah warga Kelurahan Plosokerep untuk mengambil zakat fitrah.
Konstributor: KH Abdurrokhim