Lailatul Ijtima, Kebiasaan Warga NU Kota Blitar Jelang Hari Coblosan

Blitar – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Blitar beserta warga NU agar menggelar lailatul ijtima’ sehari sebelum pemungutan suara, Selasa malam, 16 April 2019. Diharapkan, dengan berkumpul-kumpul dalam kegiatan positif, persatuan, kedamaian, dan keamanan bangsa tetap terjaga meski masyarakat beda-beda pilihan politik.

Lailatul ijtima’ sebetulnya kebiasaan yang rutin dilakukan di lingkungan Nahdliyin. Khusus di detik-detik pelaksanaan Pemilu. Sesuai arahan PWNU Jatim,  Rais Syuriah PCNU Kota Blitar KH A. Karim Muhaimin  menginstruksikan kegiatan positif itu agar digelar oleh seluruh Ranting NU se-Kota Bitar.

Menurut Gus Karim, tidak semua persoalan hidup bisa diselesaikan melalui hitungan matematika dan pendekatan akal. Ada kekuatan Allah di balik semesta alam, termasuk dalam hal politik. “Kalau tidak setuju dengan pendapat orang lain, lebih baik diam,” ujar Gus Karim.

Pelaksanaan Lailatul Ijtima’ Ranting Plosokerep di Masjid Ussisa Litaqwa Kota Blitar (16/04/2019)

Kepada warga NU, Gus Karim menjelaskan agama dan politik adalah saudara. Keterkaitan itu bukan hanya disebabkan bahwa keduanya merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari manusia, melainkan juga karena sifatnya yang saling melengkapi. “Jangan golput”, papar pengasuh Ponpes Ponpes Tarbiyatul Falah Putri itu.

Gus Karim juga menghimbau untuk berkoordinasi dengan pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, Polri dan TNI. Koordinasi dibutuhkan dalam rangka membantu mengamankan penyelenggaraan pemungutan suara, dan pengghitungan suara di TPS dengan luber, jurdil, aman, dan demokratis.

Lebih lanjut, Gus Karim juga mengajak kontestan, tim sukses, pendukung, simpatisan, tokoh politik dan tokoh agama, agar bahu membahu menciptakan suasana politik yang damai. Dia juga mengingatkan semua pihak untuk tidak memprovokasi masyarakat dengan berita hoaks dan ujaran kebencian, serta bisa menerima apa pun hasil pemilu.

Pelaksanaan Lailatul Ijtima’ dan Istighotsah ranting Pakunden di Masjid Al Huda, Jl.Asahan Pakunden Kota Blitar (16/04/2019)

Pelaksanan  lailatul ijtima’ di Kota Blitar, misalnya diselenggarakan di Masjid Ussisa Litaqwa Kota Blitar (16/04/2019).  Hadir selaku imam yaitu Kyai Imam Syahroni. Doa dipimpin oleh Kyai Sukamto Abd. Hamid dan Drs. H. Baidowi Ashari. Serta bapak Isman Hadi selaku pembawa acara. Acara ini dihadiri puluhan warga NU se-plosokerep dan sekitarnya.

Pelaksanaan lailatul ijtima’ dan istighotsah juga digelar oleh pengurus ranting Pakunden dan beberapa pengurus ranting lainnya se Kota Blitar.

Dokumentasi pelaksanaan lailatul ijtima’ dan istighotsah ranting Pakunden ( Masjid Al Huda Jl.Asahan )

Reporter: Choiriyah

Editor : Abd Umar