Jelang Hari Santri, PCNU Kota Blitar Ziarah ke Makam Pendiri NU

Blitar – Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN), PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) kota Blitar menggelar ziarah ke makam para pendiri NU di kota Blitar, Jum’at (18/10/2019).
Kegiatan ziarah makam diawali dengan berkumpul di Masjid Agung Kota Blitar, untuk melaksanakan sholat Jum’at terlebih dahulu, lalu bersama-sama ke makam pendiri NU.
Lokasi yang pertama dikunjungi rombongan PCNU Kota Blitar adalah makam KH. Muhsin yang terletak di belakang Masjid Agung Kota Blitar. Dengan ziarah ke makam ulama dan muassis, berharap dapat meneladani beliau yang lebih dulu mendahului.
Selanjutnya, rombongan menuju makam Kyai Haji Ma’ruf Sukorejo untuk berziarah dan menggelar doa bersama.
Salah satu peserta ziarah yang juga reporter NU Blitar, Susiyah, S.Sos mengatakan “Ziarah di makam pendiri NU ini bukan hal yang aneh, hubungannya dengan leluhur yang sudah di sisi Allah. Kita ini yang ada kan masih tamak, rakus, egois dengan beliau yang sudah lepas dari itu semua,” ujarnya.
KH.Ma’ruf merupakan pendiri pondok salah satu sosok yang dihormati dan disungkani baik warga pribumi maupun China, baik yang telah beragama Islam maupun non muslim. Dakwah Kyai Ma’ruf adalah sosialisasi serta bermasyarakat tanpa membeda-bedakan golongan, tingkat ekonomi atau agama.
Setelah dari Sukorejo, rombongan menuju ke makam KH Djalal Mahalli di Pakunden Kota Blitar.
Makam KH Djalal Mahalli Pakunden Kota Blitar
“KH Djalal Mahalli merupakan putra pertama dari KH.Ma’ruf di Sukorejo. Kyai Djalal Mahalli mengemban amanah untuk urusan pendidikan agama Islam terutama dalam tegaknya Nahdlatul Ulama di Kota Blitar. Di lokasi area makam selain mendoakan K.H Djalal Mahalli , juga mendoakan arwah para leluhur yang telah meninggal.” ujar Susiyah yang juga pengurus Lazisnu ini.
Setelah ini rombongan melanjutkan ke makam Kyai Zahid Syafi’i Dawuhan Kota Blitar. “Beliau pernah menjadi Ketua NU Tjab Blitar sekaligus Anggota konstituante Republik Indonesia tahun 50’an.” ucapnya lembut.
Dokumentasi PCNU Kota Blitar, di Makam Kyai Zahid Syafi’i Dawuhan Kota Blitar, Jum’at (18/10/2019)
Dokumentasi Ziarah Muasis NU di Makam Proklamator Republik Indonesia, Jum’at (18/10/2019)
Puncak ziarah muassis NU Kota Blitar dalam rangka memperingati  HSN 2019 di Makam Proklamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Bung Barno merupakan presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1967, presiden RI yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
Beberapa rangkaian acara digelar sejak tanggal 13 Oktober pagi, mulai dari Madrasah Amil di pondok pesantren Bustanul Muta’allimin. Lalu Sabtu, 19 Oktober 2019 menggelar Kirab Santri Kota Blitar di halaman Kantor Pemkot Blitar. Tidak disitu saja, PCNU menggelar Upacara Hari Santri Nasional di Alon-Alon Kota Blitar, Selasa 22 Oktober 2019. Hingga dalam Puncak HSN Kota Blitar, PCNU Kota Blitar menggelar Cinta Rasul bersama Habib Ja’far Bin Ustman Al Jufri di halaman kantor PCNU Kota Blitar.
“Kami berharap, HSN tahun ini para santri semakin mempertebal agama dan nasionalisme. Semoga seluruh acara HSN berlangsung aman dan lancar,” pungkas nya.
Tampak Rais Syuriah PCNU Kota Blitar, KH Abdil Karim Muhaimin sedang memimpin doa bersama dombongan di Makam Bung Karno, Jum’at (18/10/2019)