Berburu Berkah Ramadhan, Fatayat NU Kota Blitar Buka Bersama Merayakan Kebersamaan

Blitar – Bulan suci Ramadhan 1440H yang penuh dengan kemuliaan dimanfaatkan kaum muslimin untuk berburu berkah dan mendulang pahala. Seperti yang dilakukan Fatayat NU Kota Blitar. Mereka menggelar buka bersama dengan masyarakat di TK Al Hidayah Bendo Kota Blitar, Ahad (19/5) sore.
Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Blitar, Dr Habib Bawafi mengatakan, kegiatan buka bersama ini digelar untuk mempererat kerjasama antara NU dan banom. Menjaga komunikasi, agar  program-program kerja dapat tetap dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
“Pada kesempatan bulan suci Ramadhan, buka bersama adalah salah satu program tahunan Fatayat NU Kota Blitar yang dilaksanakan bergiliran dari  3 anak cabang. Kali ini buka bersama di laksanakan oleh ranting Bendo yg termasuk anak cabang kepanjenkidul. Insyaalloh tahun depan bertempat di anak cabang sananwetan,” katanya.
Berbagai kalangan, dari seluruh lapisan masyarakat menggelar buka puasa dengan ragamnya masing-masing. Ini bukan sekedar soal makan bersama, tetapi di situ, terdapat nilai yang lebih luhur, seperti terjalinnya silaturrahmi yang sebelumnya kurang mendapat perhatian mengingat berbagai kesibukan yang seolah-olah tiada habisnya. Ramadhan, mengingatkan kembali akan kodrat manusia sebagai makhluk sosial untuk bersosialisasi dengan yang lain.
Buka puasa bersama merupakan salah satu sunnah Nabi. Rasul mengatakan bahwa memberi makan orang yang berbuka mendapat pahala seperti berpuasa. Inilah yang menjadi alasan banyak orang memberi makanan untuk berbuka. Ada banyak bentuk tradisi berbuka.
Sebelum acara inti, Fatayat NU Kota Blitar selalu mendorong anggotanya untuk melanggengkan Al-Qur’an. Dengan melaksanakan kegiatan Khotmil Qur’an ada sebelum buka bersama. Berharap dapat membentuk kepribadian muslim di Fatayat NU itu terwujud. Sehingga ucapan, perasaannya dan apapun yang merupakan kepribadian dari Fatayat NU Kota Blitar semua mencerminkan seorang santri seorang muslim yang kaffah. Seorang yang mempunyai kepribadian muslim dengan sungguh – sungguh.
Tradisi yang baik ini, harus menjadi awal memupuk kesalehan sosial dengan tetap menjaga silaturrahmi dan berbagi. Bagaimana agar tradisi silaturrahmi ini tidak hanya ramai di bulan Ramadhan, inilah yang tampaknya harus diwujudkan bersama-sama. Sesungguhnya silaturrahmi menambah umur dan memperbanyak rezeki.
Salah satu pengurus Fatayat NU Kota Blitar, Susiyah mengatakan ,”Semoga apa yang dilakukan ini benar-benar mendapatkan berkah dari Allah SWT. Para anggota juga selalu mendokan agar ke depan kita selalu diberi kebaikkan dalam hal apapun,”
“Nilai terbesar dari buka puasa bersama ini sebenarnya bukan pada acara makan-makannya. Ini hanya menjadi sarana untuk bertemu,” pungkasnya mantab.
Buka bersama yang berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan itu diakhiri dengan shalat Maghrib.
Reporter: Susiyah
Editor : Abd Umar