Tradisi Semaan, Muslimat NU Kota Blitar Kupas Makna Al Quran di Masjid Baitul Anwar

Blitar, Sema’an Al-Qur’an merupakan istilah untuk kegiatan menyimak atau mendengarkan pembacaan Al-Qur’an.  Sabtu, 20 Juli 2019 Ibu-ibu Muslimat NU kota Blitar menggelar sema’an Al-Qur’an yang bertempat di masjid Baitul Anwar, Sukorejo Blitar. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hari hingga siang sebelum masuk waktu Dhuhur, karena masjid akan segera digunakan jama’ah sholat Dhuhur. Sema’an dihadiri oleh para puluhan penghafal Al-Qur’an. Kegiatan ini rutin digelar cabang Muslimat NU Kota Blitar setiap Sabtu Legi sebulan sekali.
Ketua Muslimat NU Kota Blitar, Ibu Hj. Tatik Rosyid menyampaikan ucapan terima kasih kepada muslimat ranting Balapan, juga ta’mir masjid Baitul Anwar Sukorejo Blitar beserta tokoh masyarakatnya yang telah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga sema’an Al Qur’an bisa terlaksana dengan baik. Juga kepada para hafidhoh yang hadir sebanyak 21 orang. Karena kegiatan Sema’an Al Qur’an ini baru saja dibuka, ibu Hj. Tatik Rosyid juga mengucapkan Minal aidin wal fa’izin, mohon maaf lahir & batin. Dan beliau berharap dengan berkahnya sema’an Al Qur’an ini, kegiatan Muslimat ke depan semakin lancar dan sukses. Beliau juga memohon doa untuk dunia pendidikan baik pengelola, guru, maupun siswa siswinya, semoga ke depan tambah sukses.
A’wan PC NU Kota Blitar KH. Nur Cholis dalam tausiyahnya menyampaikan “Dalam beribadah supaya berhati-hati. Agar ibadah kita diterima oleh Alloh SWT yaitu dengan memperbanyak amaliyah ibadah, kurangi maksiat, serta perbanyak berdzikir.”
Selain mengkaji makna Al Quran, para jemaah juga bisa mengajukan pertanyaan kepada Bapak KH. Nur Cholis yang juga pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Syafa’atil Qur’an (PPMSQ) Ngegong Gedog Kota Blitar ini. Pertanyaan ini biasanya terkait masalah sehari – hari dan solusinya sesuai hukum Islam.
Reporter : Choiriyah