Peduli Sesama, Lazis NU Kota Blitar Gelar Buka Bersama dan Santunan Marbot Masjid se-Kota Blitar

Blitar – Lazis NU Kota Blitar menggelar acara buka bersama dan santunan marbot masjid se-kota Blitar, pada Senin (3/6/2019) sore. Acara buka bersama tersebut di laksanakan di Kantor PCNU Kota Blitar di Jalan Cisadane No. 9 Kota Blitar.
Acara yang di hadiri puluhan marbot masjid se-kota Blitar  tersebut bertujuan untuk merealisasikan khablum Minannas, yakni berbagi kepada sesama. Marbot merupakan istilah yang diberikan kepada seorang yang bertanggungjawab mengurus keperluan langgar/surau atau masjid, terutama yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan tempat ibadah tersebut.
“Dalam kegiatan ini ada acara santunan marbot masjid se-kota Blitar berupa bingkisan, ” ungkap Ibu Susiyah saat dikonfirmasi NU Blitar Online.
Selain itu, Ibu Susiyah menjelaskan, juga ada agenda pemberian Kultum seputar keutamaan bulan Ramadan.
“Kultum di sampaikan oleh KH Abdul Karim Muhaimin (Rois Suriyah PCNU Kota Blitar), ” imbuhnya.
Berikut ini rangkuman tausiyah agama Gus Karim sesaat sebelum berbuka puasa, diantarnya:
1. Puasa sebagai perisai
“Yang dimaksud puasa sebagai (perisai) adalah puasa akan menjadi pelindung yang akan melindungi bagi pelakunya di dunia dan juga di akhirat.” ucap pengasuh pondok pesantren Tarbiyatul Falah Putri ini.
2.Shodaqoh bisa meredam maksiat-maksiat.
“Seperti bisa mematikan api yang membara, mendatangkan rizki min haitsu laa yahtasib yaitu rizki yang tidak disangka-sangka.” tuturnya lembut.
3. Zakat Fitrah
“Zakat hanya diwajibkan bagi orang muslim, mulai terbenamnya matahari bulan syawal sampai Imam naik mimbar pada sholat idul fitri. Zakat fitrah yang boleh pakai uang itu menurut Imam Hanafi senilai harga kurma 3,8 kg. ” ungkapnya.
4. Terakhir adalah Idul Fitri
“Barang siapa yang melaksanakan puasa sebulan penuh dan beribadah sunnah di dalamnya maka katakanlah kepada mereka. Semuanya sudah diampuni dosa-dosa nya,” pungkasnya tegas.
Reporter : Susiyah
Editor : Abd Umar