Keutamaan Nisfu Sya’ban yang Rugi Dilewatkan Menurut Muslimat NU Kota Blitar

Blitar – Malam Nisfu Sya’ban yang jatuh pada Sabtu  (21/4/2019), memiliki keistimewaan untuk umat Islam.
Menurut Nyai Maslukhi dari Gandusari, ada beberapa malam yang bagus untuk kita berdoa karena tidak akan pernah ditolak oleh Allah SWT. Kelima malam itu adalah malam Jumat, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya’ban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya Idul Fitri dan malam hari raya Kurban atau Idul Adha.
“Di malam-malam ini, sebaiknya kita banyak berdoa,” ujar Nyai Maslukhi dalam pengajian rutin sabtu kliwon di dusun Tulungrejo Bendogerit Kota Blitar (21/4/2019).
Menyambut malam Nisfu Sya’ban, ada baiknya umat Islam banyak berdoa dan melakukan amalan-amalan baik agar dosa-dosa kita diampuni Allah SWT. Imam Al Gozhali RA. mengistilahkan malam nisfu Sya’ ban sebagai malam yang penuh dengan Syafaat ( pertolongan ). Karena pada malam itu Alloh Ta’ala menurunkan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi terutama kepada hamba hambanya yang sholeh .
Nabi Sholallohu Alaihi Wassallam bersabda ,” Barangsiapa yang memberitahukan berita datang nya bulan Sya’ ban kepada yang lain, maka haram api neraka baginya .”
“Berdo’alah secara khusyu’ , meminta apa apa yang tersirat dalam hati. Karena malam nisfu Sya’ ban adalah malam yang sangat di ijabah untuk di qobul semua doa doa & hajat hajat yang di inginkan,” ujar Nyai Maslukhi .
Dalam peringatan RA Kartini dan menyongsong bulan Ramadhan, anjuran Nyai Maslukhi pada Nisfu Sya’ban membaca :
  • Surah Yasin ( 3x ). Surah Yasin ke .1 ” di baca untuk memohon panjang Umur dan ke Taatan serta ke Taqwaan dan dapat istiqomah kepada Alloh Ta’ala .” Surah Yasin ke .2 ” di baca untuk memohon di luas-kan Rezeqi yang halal dan menolak Bala .” Surah Yasin ke 3. ” di baca untuk memohon di tetapkannya Iman Islam hingga Akhir hayat .”
  • Astaghfirulloh al Adzim ( 100x )
  • Tahmid & Takbir. ( 100 x)
  • Sholawat Nabi. ( 100x )
  • dan dzikir dzikir lainnya.
Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893)
Reporter : Susiyah
Editor: Abd Umar