Peresmian Mushola Baru, Ketua PCNU Kota Blitar: Jangan Sampai Digunakan Islam Radikal

Sambutan Ketua PCNU

NUBLITAR.OR.ID – Dr. Habib Bawafi, M.H.I., Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Blitar, memberikan sambutan dalam peresmian Mushola Al-Huda, Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan.

Mushola Al-Huda ini diresmikan langsung oleh Walikota Blitar, Drs. H. Santoso M.Pd, yang hadir saat acara berlangsung pada Ahad malam (06/03/2022).

Selain peresmian, acara yang diselenggarakan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Sananwetan itu merupakan acara rutin Lailatul Ijtima’ setiap Ahad Legi.

Dalam sambutannya, Dr. Habib menegaskan jika mushola yang didirikan ini merupakan mushola yang wakafnya di bawah badan hukum NU.

“Kemarin saya sudah menyampaikan kepada ketua Ranting Plosokerep. Jika mushola ini secara hukum milik NU. Oleh karena itu, susunan pengurusnya sebagai penasihat adalah PC NU Kota Blitar, MWC NU Sananwetan, dan Ranting NU Plosokerep,” kata Dr. Habib.

Dr. Habib memiliki alasan tersendiri mengenai pentingnya kepemilikan mushola Al-Huda ini sebagai milik NU sejak awal. Lantaran secara tata letak mushola, memiliki jarak yang cukup jauh dari perumahan. Sehingga pengawasan terhadap mushola ini menjadi terbatas.

“Karena ini (mushola) tidak di hadapan rumah, maka rentan sekali menjadi (tempat) kegiatan Islam radikal,” jelasnya.

“Tempatnya agak ke dalam, patut kita waspadai dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan oleh kelompok Islam yang beraliran radikal,” lanjutnya.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Blitar yang menjabat sejak 2016 itu juga berpesan kepada takmir mushola, agar NU dilibatkan dalam kepengurusan dan ditempatkan sebagai penasihat.

“Dengan adanya itu, mulai dari penasihat, dari PCNU dan lain sebagainya, maka ketua ranting yang harus memperhatikan dan saya minta untuk adanya aturan atau tata tertib dalam hal ini,” kata Dr. Habib.

“Yang jelas saya berpesan jangan biarkan mushola ini digunakan oleh kelompok radikal. Mari kita sebagai warga Nahdliyin harus ikut memakmurkan mushola dengan sholat di awal waktu dan kegiatan amaliyah Aswaja untuk mewujudkan Islam yang rahmatan lil ’alamin,” tutupnya.

Kontributor : Ahmad Murtafian Naja
Editor : Water Tri Laksono

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.