Semarak Hari Santri Nasional, Mulai Dibuka Di Alun-Alun Kota Blitar

Blitar- Dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2022, pemerintah kota Blitar bersama warga nahdliyin menggelar berbagai acara di pusat kota. Lokasi pelaksanaan rentetan kegiatan berpusat di Alun-alun Kota Blitar. (21/10/2022). Acara ini diadakan sebagai wujud syukur atas peran santri dan kiai untuk bangsa Indonesia.
Acara pembukaan Festival Santri keren dalam rangka Hari Santri Nasional 2022 ini dibuka langsung oleh Walikota Blitar, Drs. Santoso, M.Pd di Alun-alun Kota Blitar.
Dalam sambutannya Drs. Santoso, M.Pd mengutarakan bahwa festival santri keren semeriah ini yang pertama kali digelar.
“Digelar bersama pemerintah kota Blitar bersama PCNU kota Blitar” ungkapnya.
Drs. Santoso, M.Pd berharap dengan adanya kegiatan ini, kota Blitar menjadi kota aman dan damai.
“Mudah-mudahan melalui sholawat ini, kota Blitar akan mendapat perlindungan dari Allah SWT.
Mudah-mudahan kota Blitar menjadi kota aman dan damai” tuturnya.
Dr. KH. Habib Bawafi, M.HI memberikan sambutan
Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama Kota Blitar, Dr. KH. Habib Bawafi, M.HI dalam sambutannya menyampaikan, peringatan HSN merupakan hajat besar bagi para santri di seluruh Indonesia.
“Perlu diketahui bahwa acara hari santri nasional ini merujuk pada fatwa resolusi jihat, bahwa santri muslim di Indonesia wajib berjihad menyingkirkan tentara sekutu. Agar penjajah bisa lenyap dari indonesia ini. Sehingga kita bisa melanjutkan kemerdekaan Indonesia” katanya dihadapan ribuan peserta.
Kyai Habib menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini adalah kerja bareng antara pemerintah kota Blitar dengan Nahdlatul Ulama kota Blitar.
“Dasar kegiatan ini adalah Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Hingga rapat bersama antar pengurus Nahdlatul Ulama dengan pemerintah kota Blitar” ungkapnya.
“Menyampaikan terimaksih, terutama kepada pemerintah kota Blitar. Juga terimakasih pada masyarakat yang ikut memeriahkan HSN ini. Semoga amal ibadah kita dicatat oleh Allah SWT. Mohon doa restu agar berbagai kegiatan ini berjalan lancar serta mendapat ridho Allah SWT” tambahnya.
Berikut potret pembukaan Festival Santri Keren dalam rangka Hari Santri Nasional 2022 di Alun-alun Kota Blitar yang berhasil dihimpun redaksi. (Jum’at, 21/10/2022)
Ribuan santri putri tampak bersemangat mengikuti rangkaian acara HSN 2022 di Alun-Alun Kota Blitar. (Jum’at, 21/10/2022)
Ribuan santri putra mengikuti pembukaan santri keren 2022 di Alun-Alun Kota Blitar. (Jum’at, 21/10/2022)
Pencak silat Pagar Nusa menghibur peserta HSN di alun-alun kota Blitar. (Jum’at,21/10/2022)
Perlu dikertahui bahwa isi festival santri keren ini terdapat 371 stand dari berbagai organisasi masyarakat, lembaga pendidikan, madrasah, hingga masyarakat umum.

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.