Pilih Pimpinan Baru, IPNU-IPPNU Kota Blitar Gelar Konfercab

Blitar – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatu Ulama (IPNU-IPPNU) Kota Blitar Jawa Timur sudah berada di akhir masa kepengurusan. Konferensi Cabang (Konfercab) yang merupakan forum tertinggi IPNU-IPPNU di tingkat cabang dihelat di SD Islam Kota Blitar. Ahad, 12/9/2021.
Rais Syuriah Pengurus Cabang (PC) NU Kota Blitar , KH Abdil Karim Muhaimin mengatakan saat dikonfirmasi oleh redaksi.
“Alhamdulillah pelaksanaan konfercab yang ke-12 berjalan baik, sukses dan penuh kekeluargaan. Kami berharap semoga bisa menelurkan program-program yang membawa kebesaran jam’iyah Nahdlatul Ulama. Karena memang situasi zaman akhir ini perlu ada formulasi-formulasi yang mengena pada kebutuhan masyarakat,” katanya.
Gur Karim berharap IPNU IPPNU dapat menelurkan calon pemimpin yang uswah khasanah.
“Semoga dalam Konfercab ini bisa menelurkan calon pemimpin yang menunjukkan uswah khasanah dalam generasi-generasi selanjutnya.” ungkapnya
Sementara itu, ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kota Blitar, Dr. KH Syaikhul Munib, M.Ag menjelaskan bahwa IPNU IPPNU merupakan pendidikan organisasi yang berjenjang.
“Yang jelas kita ingin menjadikan organisasi ini sebagai lembaga kaderisasi untuk para penggerak NU kedepannya. Dari IPNU, Ansor lalu ke NU. Ada program pendidikan organisasi yang berjenjang. Dan kami dari LP Ma’arif NU Kota Blitar sangat mendukung. Di semua lini kapanpun dan dimanapun kami dukung.” ungkapnya.
Menurutnya zaman telah berubah dan terus bergerak. Cara berdakwah pun berubah. Cara masyarakat mencari informasi juga berganti. Jika dulu mereka rela berhari-hari jalan kaki menuju pengajian yang diisi ustadz kondang, kini mereka tidak perlu repot. Cukup dengan media online.
“Saat ini memang organisasi IPNU IPPNU harus berkembang menyesuaikan tren masyarakat. IPNU IPPNU harus bisa bergerak, misalnya menjadikan media online sebagai media produktif. Pekerjaan rumah kita kedepannya yakni menjadikan media online sebagai sarana produktif, terutama sebagai sarana dakwah dalam organisasi” tuturnya lembut.
Ketua IPNU wilayah  Jawa Timur, Khoirul Mubtadiin menyampaikan bahwa acara Konfercab ini  luar biasa.
“Konferensi cabang ini bukan hanya perhelatan, tetapi konferensi cabang adalah ajang pendewasaan, ajang berproses untuk menjadi lebih baik. Sehingga mampu melahirkan rumusan-rumusan strategis sesuai pada konsisi saat ini” katanya.
Gus Khoirul mengungkapkan ada beberapa hal-hal baru yang terus dikembangkan terutama teknologi terbaru yang bisa dimanfaatkan.
“Ada new teknologi. Saat ini survei dan polling bisa melalui aplikasi, dimana biayanya jauh lebih murah. Juga saat ini banyak platforn digital, sekarang sudah banyak toko online hingga marketplace yang dapat dimanfaatkan.” tuturnya.
“IPNU IPPNU harus mampu re-upskilling diri di era saat ini. Rapat-rapat pakai bisa pakai virtual. Dakwah bisa dilakukan secara digital. Ini yang perlu terus dikembangkan. Saya berharap IPNU IPPNU tidak berkutat pada internal namun secara eksternal harus terus dikembangkan” pungkasnya

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.