Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Lakukan Penentuan Arah Kiblat. Begini Realitasnya.

Blitar – Hari ini, Ahad (1/8/2021), terdapat fenomena yang tidak biasa lingkungan Nahlatul Ulama. Fenomena umat Islam menentukan arah kiblat yang digunakan saat sholat.
Kali ini, penentuan arah kiblat dilakukan di Musholla Al Muhlisin dekat Cafe Karaoke 99 Kota Blitar  oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) dengan Lembaga Waqaf dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU) Kota Blitar .
Pembangunan Musholla tersebut hingga kini sudah mencapai pada tahap penentuan arah kiblat, progres penentuan arah kiblat tersebut  telah terlaksana hingga akhir, dan sampai keputusan akhir yang ditetapkan oleh Lembaga terkait.
Ketua LFNU Kota Blitar KH. Habiburrohman menjelaskan bahwa kiblat merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Apabila tidak mengadap kiblat maka sholatnya tidak sah.
 “Alhamdulillah hari ini kami pengurus LFNU dan LWPNU Kota Blitar  bersama tokoh masyarakat lingkungan Gedog menetapkan arah kiblat Mushalla Al Muhlisin” ucapnya
Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi yang secara tegas menyebutkan kewajiban menghadap kiblat dalam shalat .
انجـيت لجـهخ آلْم انًضـجذ ٔانًضـجذ لجـهخ
آلْم انحشاو ٔانحشاو لجـهخ آلْم االسض فٗ
يشبس لـٓـب ٔيغب سثٓـب يٍ أيتٗ )سٔاِ
انجيٓـمٗ(.
Artinya: “Baitullah (Ka‟bah) adalah kiblat bag orang-orang yang dalam masjid (Masjid al-Haram), dan masjid (Masjid al-Haram) adalah kiblat bagi orang-orang yang tinggal di Tanah Haram (Makkah), dan Tanah Haram (Makkah) adalah kiblat bagi seluruh penduduk bumi, timur dan barat dari umatku. (Hadis riwayat Imam Baihaqi).
KH. Habiburrohman berharap kedepan semoga pembangunan Mushalla Al Muhlisin ini  diberi kelancaran dan kemudahan.
“Dengan terbangunnya mushalla ini nantinya, diharapkan bukan hanya  dijadikan sebagai sarana ibadah saja namun juga dimanfaatkan untuk belajar agama dengan berbagai kegiatan keagamaan, guna memberikan mempersiapkan generasi penerus yang memiliki keimanan, ketakwaan dan Ilmu Agama yang tangguh,” pungkasnya.
Salah satu fokus utama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Blitar adalah penentuan/perbaikan kembali arah kiblat di seluruh Masjid maupun Musholla di Kota Blitar, agar memberikan wawasan luas kepada Masyarakat utamanya warga Nahdliyin akan pentingnya beribadah dengan memperhatikan arah kiblat yang tepat sesuai dengan tuntunan dan ajaran Nabi Muhammad SAW.
Pewarta : Hilda NJ
Editor : M. Azis Muchtarom

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.