Haflah Akhirussanah, Pesantren Tarbiyatul Falah Putri Sukorejo Ziarah Wali Songo

Blitar – Ziarah Walisongo adalah perjalanan ziarah atau berkunjung dan berdoa di makam sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Nusantara. Lima makam wali berada di wilayah Jawa Timur, tiga makam di antaranya berada di Jawa Tengah, dan satu makam di Jawa Barat.
Pesantren Tarbiyatul Falah Putri Sukorejo, Kota Blitar  menggelar Ziarah Wali Songo , Rabu 1 Mei 2019.
KH Abdul Karim Muhaimin memimpin doa di Makam Sunan Ampel, Surabaya (1/5). Diikuti seluruh jamaah.
Ziarah merupakan salah satu tradisi yang telah berlangsung lama dilestarikan pesantren, selain tahlil, muludan, dan manaqiban. Ziarah kubur ini dilestarikan untuk menjemput berkah dari para salaf al-shalih, juga untuk merevitalisasi kontribusi dan teladan para leluhur agar senantiasa ‘hidup’ betapapun zaman sudah modern seperti sekarang ini.
KH Abdul Karim Muhaimin selaku pengasuh pesantren, pihaknya telah memberikan arahan kepada para santri agar mempersiapkan diri, terutama soal kesehatan tubuh.
Alhamdulillah, ziarah ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena juga menziarahi makam KH. Ahmad Djazuli mu’asis pondok Al-Falah Ploso Kediri. Segala persiapkan terus dioptimalkan. Tentu saja, agar kegiatan ziarah ini berjalan dengan lancar.
Kegiatan ziarah ini akan diikuti oleh 60-an orang, terdiri dari santri, para ustadz, dan pengasuh pesantren. Dalam rangka haflah akhirussanah pondok pesantren Tarbiyatul Falah Putri jalan manggar Sukorejo kota Blitar.
KH Abdul Karim Muhaimin, yang juga Rais Syuriah PCNU Kota Blitar perihal ikut sertanya dalam ziarah tahun ini. Pihaknya senantiasa mendukung apapun program pesantren, selama kegiatan tersebut bermanfaat.
Hingga saat ini, ziarah Wali Sango ini masih berlangsung. Semoga lancar, selamat dan barokah.