Resolusi Jihad NU di Bumi Bung Karno

NUBLITAR.IR.ID – Rombongan kirab Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama (NU) dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2016 tiba Kota Blitar yang diterima di Pelataran Makam Presiden RI Pertama, Ir. Soerkarno (Bung Karno) di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar pada pukul 12.00 WIB, Minggu (16/10) kemarin.
Kedatangan rombongan kirab Resolusi Jihad NU diterima langsung oleh Wakil Walikota Blitar, Drs. Santoso, Ketua PC. NU Kota Blitar, DR. Habib Bawafi, Ketua PC. NU Kabupaten Blitar, KH Masdain Rifai, Rois Syuriah PC. NU Kota Blitar, KH Abdil Karim Muhaimin, Rois Syuriah PC. NU Kabupaten Blitar, KH Imam Sugrowardi dan pengurus NU Kota dan Kabupaten Blitar, Forpimda serta Badan Otonom NU seperti Muslimat NU, Ansor, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, PMII dan sebagainya.
Bahkan rombongan kirab Resolusi Jihad NU yang berjumlah sekitar 60 orang ini disambut oleh ribuan santri disepanjang jalan Ir. Soekarno dengan mengibarkan bendera Merah Putih dan NU serta adanya pawai yang diiringi Drum Band dan Banser yang selalu mengawal acara tersebut.
Secara resmi penerimaan rombongan kirab Resolusi Jihad NU dengan diserahkannya Bendera Merah Putih oleh Ketua Rombongan Kirab Resolusi Jihad PB NU, KH Isfah Abidal Aziz Kepada Wakil Walikota Blitar, Drs. Santoso dan dilanjutkan dengan penyerahan bendera NU kepada Ketua PC. NU Kota Blitar, DR. Habib Bawafi, MAg.
Wakil Walikota Blitar, Drs. Santoso sangat bangga dan bersyukur atas kedatangan rombongan kirab Resolusi Jihad NU yang bisa datang dan singgah meskipun hanya sebentar di Kota Blitar yang sebelumnya dari Kediri. Bahkan pihaknya berharap dengan peringatan Hari Santri yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi ini akan menjadikan momentum untuk mengingat dan meneladani perjuangan para ulama untuk merebut kemerdekaan bangsa ini dari para penjajah.
“Kami bangga dan bisa menerim rombongan kirab yang diberangkatkan dari Banyuwangi dan saat ini telah sampai di Kota Blitar, semoga semua selamat dan barokah demi keutuhan bangsa ini,” kata Drs. Santoso.
Ketua Tanfid PC NU Kota Blitar, DR. Habib Bawafi, MAg, juga berharap kegiatan ini dilakukan untuk menghargai sejarah dan mengenang jasa para santri dan pejuang yang telah berkorban memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, karena Kemerdekaan Bangsa ini bukan hadiah dari penjajah, namun buah dari pengorbanan para syuhada.
“Untuk merebut kemerdekaan para ulama, santri dan rakyat berkorban, sehingga melalui kegiatan ini sebagai napak tilas perjuangan para ulama dan meneladaninya,” jelasnya.
Ketua Rombongan Kirab Resolusi Jihad PB NU, KH Isfah Abidal Aziz mengatakan kenapa singgah di Makam Bung Karno, karena Bung Karno adalah tokoh pendiri bangsa yang makamnya di Kota Blitar yang juga menjadi salah satu teladan bangsa ini.
“Kirab ini akan keliling di Kota dan Kabupaten yang berangkat dari Banyuwangi dengan menempuh jarak sekitar 2.000 kilometer yang akan berakhir di Jakarta untuk mengikuti Upacara Hari Santri di Lapangan Banteng Jakarta Pusat pada hari Sabtu 22 Oktober mendatang,” kata KH Isfah Abidal Aziz usai menerima kembali Bendera Merah Putih dan Bendera NU untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Kabupaten Tulungagung. (htn.adv)
Source: Harian Bhirawa

Event Details

Register Now