Lomba Tumpeng Fatayat NU Kota Blitar dalam Rangka Harlah Fatayat dan Nahdlatul Ulama

NUBLITAR.OR.ID – Lomba tumpeng Fatayat NU Kota Blitar  diadakan untuk memperingati Harlah Nahdlatul Ulama ke-96 tahun dan Harlah Fatayar ke-69 tahun. Lomba tumpeng ini diadakan di Kampung Afrika Kota Blitar pada  hari Ahad 24 Maret 2019, bekerjasama dengan KPU Kota Blitar untuk sosialisasi pemilih perempuan.
Kegiatan ini diikuti oleh 3 PAC (Pengurus Anak Cabang) Fatayat NU dan 21 ranting Fatayat NU se Kota Blitar. Kemeriahan lomba tumpeng terlihat banyaknya partisipasi anggota. Mulai dari anak hingga dewasa turut memeriahkan kegiatan tersebut.
Dari PAC Kepanjenkidul ada ranting Bendo, Kauman, Kepanjenkidul, Kepanjenlor, Ngadirejo, Sentul dan Tanggung. Dari PAC Sananwetan juga tidak mau kalah, mengikut sertakan juga ranting Bendogerit, Gedog, Karangtengah, Klampok, Plosokerep, Rembang dan Sananwetan. Tidak mau ketinggalan PAC Sukorejo juga menampilkan tumpeng berkualitas hasil dari ranting Blitar, Karangsari, Sukorejo, Pakunden, Tanjungsari, Turi dan Tlumpu.
Kemeriahan lomba tumpeng ini, tak hanya Fatayat NU saja yang mengikuti lomba tetapi ibu-ibu muslimat NU juga membantu  lomba yaitu menghias tumpeng. Bahkan tidak hanya diikuti oleh ibu-ibu saja tetapi bapak-bapak pun tak mau kalah, mereka membantu sebisa mungkin. Para peserta lomba begitu antusias dalam mengikuti lomba ini. Terbukti dari persiapan yang telah mereka lakukan sebelumnya, bahkan mereka rela pulang  malam agar bisa menghasilkan yang terbaik dari lomba tersebut.
Lomba ini meskpun sederhana, tetapi tujuannya adalah agar Fatayat NU  ikut serta dalam memperingati Harlah Fatayat ke-69 dan NU ke 96, kemudian agar selalu semangat serta selalu cinta Indonesia dan Nahdlatul Ulama.
Tumpeng merupakan sajian nasi lengkap sebagai bagian dari  masyarakat Jawa mengucapkan syukur. Jenisnya sangat beragam tergantung pada tujuannya. Lomba Tumpeng Fatayat NU bisa digolongkan sebagai tumpeng ucapan syukur.
Umumnya yang dijadikan pedoman dalam penilaian di lomba tumpeng adalah, tampilan keseluruhan, susunan dan kelengkapan lauk, citarasa, kebersihan dan biaya serta ketentuan lain sesuai tema.
Dari lomba tumpeng Fatayat NU , didapatkan pemenang lomba, yaitu:
  • Juara 1 ranting sananwetan.
  • Juara 2 ranting karang tengah.
  • Juara 3 ranting bendo.
Berikut keceriaan Fatayat NU Kota Blitar
Foto Dokumentasi Lomba tumpeng Fatayat NU
Keceriaan Fatayat NU Kota Blitar
Keceriaan Fatayat NU Kota Blitar
Nikmatnya tumpeng setelah lomba, makan berjamaah