LAGU HUBBUL WATHON (CINTA TANAH AIR)

Karya: KH. Abdul Wahab Chasbullah (1934)

SYAIR HUBBUL WATON

ﻳﺎَ ﻟَﻠْﻮَﻃَﻦْ ﻳﺎَ ﻟَﻠْﻮَﻃَﻦ ﻳﺎَ ﻟَﻠْﻮَﻃَﻦْ

ﺣُﺐُّ ﺍﻟْﻮَﻃَﻦْ ﻣِﻦَ ﺍْﻹِﻳﻤَﺎﻥْ

ﻭَﻻَﺗَﻜُﻦْ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺤِﺮْﻣﺎَﻥْ

ﺍِﻧْﻬَﻀﻮُﺍ ﺃَﻫْﻞَ ﺍﻟْﻮَﻃَﻦْ

ﺍِﻧﺪُﻭﻧﻴْﺴِﻴﺎَ ﺑِﻼَﺩﻯ

ﺃَﻧْﺖَ ﻋُﻨْﻮﺍَﻥُ ﺍﻟْﻔَﺨَﺎﻣﺎَ

ﻛُﻞُّ ﻣَﻦْ ﻳَﺄْﺗِﻴْﻚَ ﻳَﻮْﻣﺎَ

ﻃَﺎﻣِﺤﺎً ﻳَﻠْﻖَ ﺣِﻤﺎَﻣًﺎ

Karya: KH. Abdul Wahab Chasbullah (1934)

SYAIR CINTA TANAH AIR

Pusaka Hati Wahai Tanah Airku
Cintamu dalam Imanku
Jangan Halangkan Nasibmu
Bangkitlah Hai Bangsaku

Pusaka Hati Wahai Tanah Airku
Cintamu dalam Imanku
Jangan Halangkan Nasibmu
Bangkitlah Hai Bangsaku

Indonesia Negeriku
Engkau Panji Martabatku
Siapa Datang Mengancammu
Kan Binasa dibawah durimu

JATI DIRI NU

Setiap pengkaderan di tubuh organisasi NU dipastikan wajib menyanyikan Mars Huzbul Wathon (Cinta Tanah Air), sebuah jargon Hubbul wathan minal imanatau cinta tanah air sebagian dari iman adalah prinsip yang dipegang teguh oleh NU, bahkan menjadi jati dirinya. Kebangkitan Warga NU dalam memelihara dan menyelamatkan Negara Republik Indonesia. Mars ini benar-benar luar biasa, setiap orang yang menyanyikan mars ini akan merasakan semangat nasionalisme. Pengarang Mars ini adalah KH. Wahab Hasbullah dimana artinya penuh makna yang tersirat dan tersurat.
Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah (lahir di Jombang, 31 Maret 1888 — meninggal 29 Desember 1971 pada umur 83 tahun) adalah seorang ulama pendiri Nahdatul Ulama. KH Abdul Wahab Hasbullah adalah seorang ulama yang berpandangan modern, dakwahnya dimulai dengan mendirikan media massa atau surat kabar, yaitu harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama. Ia diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 November 2014.
Sekarang ini, saat ada kegiatan di organisasi NU bahkan kegiatan di berbagai pondok pesantren atau dikalangan warga Nahdliyin, mars ini menjadi syair wajib dikumandangkan, termasuk di pengajian rotibul hadad atau rotibul athos para habaib, mereka para santri putra dan putri begitu hapal dan tidak asing lagi.
Walaupun Syair hubbul wathan minal iman yang artinya cinta tanah air sebagian dari iman bukanlah teks hadits apalagi Al-Qur’an. Namun baginya akan bangkit jika siapa pun mengancam NKRI karena Indonesia adalah negara yang bermartabat dan memiliki harga diri, Indonesia adalah Negara yang dianugerahi prasyarat untuk hidup makmur dan keragaman yang dimilikinya merupakan kekayaan yang harus dijaga.
Semoga dengan membumikan jargon ini, para generasi yang akan datang selalu cinta tanah air, dan bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat. Jaga Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan seagama) dan ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa) karena secara essensial semangat persaudaraan mendapatkan tempat yang tinggi dan mulia karena Allah menciptakan berbagai suku,bangsa untuk saling kenal mengenal (Alhujarat:13) kemuliaan terukur dari yang paling tinggi takwa kepadaNya.
Ukhuwah wathoniyah juga harus dipelihara dan tidak halal menganiaya orang lain atas nama kedok agama. Bila anak anda belum bisa hafal lirik lagu ini, maka saatnya untuk dihafalkan sehingga membekas pada benak sanubarinya. selamat belajar mars ini, sukses bagi anda yang sudah hafal.