Isi Safari Ramadhan, PCNU Kota Blitar Ajak Jaga Keseimbangan Hablumminallah dan Hablumminannas

Blitar – Islam bukanlah agama yang memerintahkan untuk hanya cukup beribadah saja kepada Allah tanpa memikirkan kehidupan dunia dan menjaga hubungan baik sesama muslim, begitu pun sebaliknya tidak juga hanya mengejar baik dengan manusia saja sebagai sesama makhluk sosial.
Setiap ibadah yang diperintahkan Allah tentunya bertujuan untuk meningkatkan hubungan vertikal dan horizontal secara seimbang. Hubungan vertikal yaitu hubungan ubudiyah kita kepada Allah (Hablumminallah), sedangkan hubungan horizontal adalah hubungan muamalah kita kepada sesama muslim dan makhluk Allah lainnya (Hablumminannas).
Demikian antara lain disampaikan Ustaz Imam Baihaqi saat mengisi Safari Ramadhan ke-4 PCNU Kota Blitar di Masjid Imam Bonjol Sangut Kota Blitar, Jum’at (10/5) malam.
“Hablum minallah, hablum minannas. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, membina hubungan baik dengan sesama,” kata Ustaz Imam Baihaqi yang juga Ketua Lembaga Dakwah NU Kota Blitar ini.
Dalam pelaksanaan ibadah ‎shalat misalnya, yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam yang mendoakan seluruh makhluk yang ada di bumi ini. Artinya dalam bacaan shalat pun ada hubungan antara Allah dan sesama manusia.
“Salah satu ciri orang bertaqwa adalah bisa menahan marah dan mudah memaafkan kesalahan orang lain. Kita mungkin sering menemui orang lain yang kerap menyakiti dan menzalimi kita, bahkan apabila dia datang seolah sangat menyebalkan. Dimata kita semua perilakunya dan perkataannya adalah menyebalkan. Ketika kita pernah mengalami hal itu adalah indikasi bahwa kita sulit memaafkan orang lain. Padahal bagi orang bertaqwa itu, kesalahan kepada kita itu harus dibalas dengan senyum gampang memaafkan, jangan sampai menyimpan dendam berlarut,” sebutnya.
Ustaz Imam Baihaqi menambahkan, anak yatim merupakan orang yang patut dikasihi. Dia yang patut dikasihi karena mereka tidak lagi memiliki orang tua yang mengasihinya.
Ditambahkan pula, untuk mengasihi yang lain, di antaranya fakir miskin. Fakir dan miskin sangat butuh pada makanan. “Berikan makanan pada orang miskin,” ungkapnya.
Menurutnya, jangan sampai kita meremehkan sekecil apapun perbuatan baik.
Lebih lanjut menurut  Imam Al Ghozali, bahwa masuk syurga bukan karena keilmuannya, bukan pula karena banyak amalnya. Tetapi hanya karena rahmad  Alloh SWT. “Maka dari itu semoga romadhon tahun ini kita senantiasa mendapat rahmad dari Alloh SWT,” tuturnya.
Reporter : Susiyah
Editor : Abd Umar