Cangkrukan Jagong Maton Nusantara Bahas LGBT

JATIMTIMES, BLITAR – Lembaga Kajian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlathul Ulama (NU) Kota Blitar menggelar dialog interaktif “Cangkrukan Jagong Maton Nusantara” membahas keberadaan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di Indonesia, khususnya di Blitar.
Acara tersebut digelar di Graha MSN,Jalan Kapuas No 20 Kota Blitar, Rabu (3/2/2018) dimulai pukul 19.00 WIB. Acara ini mengundang kader NU Kota Blitar dan masyarakat.
“Belakangan ini persoalan LGBT ramai jadi perbincangan. Terlebih setelah keluarnya putusan MK No 46 yang oleh sebagian kalangan dianggap pro-LGBT sehingga memicu polemik di tengah-tengah masyarakat. Putusan MK tersebut sebetulnya bukan itu (pro-LGBT), tapi tentang delik kesusilaan. Ini yang akan kita kupas dan luruskan dalam diskusi dalam sudut pandang hukum positif, ” kata Ketua ISNU Kota Blitar Dr Dian Fericha.
Selain Dian Fericha, beberapa narasumber yang dihadirkan adalah KH Karim Muhaimin (agamawan, rais syuriah PCNU Kota Blitar), dr H Mafrurrochim Hasyim (direktur RS Syuhada Haji Blitar), Yuli Darwati MSi (psikolog, akademisi STAIN Kediri). Bertindak sebagai moderator, Dr H Supriono MEd (wakil rektor I Unisba Blitar).
“Dialog ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait buruknya LGBT bagi kesehatan, psikologis dan dalam kehidupan sosial. Materi dialog akan mengupas LGBT dari berbagai sisi,” jelasnya.
Menurut Dr Dian yang juga dekan Fakultas Hukum Unisba Blitar, persoalan LGBT sesungguhnya bukan persoalan baru dalam sejarah peradaban manusia. Persoalan ini sudah pernah terjadi pada ribuan tahun yang silam pada zaman Nabi Luth AS.
“Nukilan kisah kaum Nabi Luth ini termaktub dalam Alquran. Dan semestinya kisah ini menjadi bahan perenungan bagi kita bagaimana menyikapi fenomena serupa yang akhir-akhir ini kembali muncul dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat kita,” tukasnya.
Lebih lanjut ia menandaskan, dialog ini juga bertujuan memberikan solusi mengatasi maraknya LGBT di kalangan masyarakat. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama memantau gerakan LGBT.
Khusus kepada orang tua kami minta untuk intens memantau aktifitas pergaulan anak-anaknya. Agar terhindar dari perilaku menyimpang dan komunitas LGBT,” pungkasnya.(*)

Sumber : Blitar Times

Event Details

Rabu, 3 Januari 2018
19.00 WIB
Jalan Kapuas No 20 Kota Blitar

Register Now